KEUNIKAN DAN BUDAYA YANG TERDAPAT DI KAB. ALOR, NTT

KEUNIKAN ALOR

kabupaten alor adalah sbuah kepulauan yang di dalamnya terdapat 15 pulau, 9 diantaranya berpenghuni dan sisanya tidak berpenghuni. 9 pulau yang berpenghuni itu diantaranya :pulau Alor, Pantar, Pura, Ternate, Buaya, Kepa dll, sedangkan 4 lainnya yaitu: Sika, Kapas, Batang, Labang, Rusa, dan Kambingyang tidak berpenghuni.

Setiap pulau memiliki keunikan dan keindahannya sendiri, salah satu yang menjadi incaran para wisatawan adalah pulau kepa.
Pulau kepa adalah pulau yang berada dalam selat,pulau ini sangatlah indah, saking indahnya pulau ini banyak wisatawan ysng memutuskan menetap dipulau kepa dan membangun rumah, serta membangun penginapan bagi wisatawan lain yang ingin datang menginap atau sekedar isterahat sambil melihat pemandangan di pulau kepa.
kabupaten alor sangatlah indah, tidak hanya di permukaanya saja tapi keindahan lautnya pun menjadi salah satu nilai jual. contohnya saja laut di pulau pura sangatlah cantik yang membuatbanyak artis yang pergi difing di sana,bukan hanya lautnya yang indah dan cantik tetapi warga masyarakat di pulau pura sangatlah baik dan rama,
Keindahaan pulau alaor bisa juga diliat dari keindahhan pesisir pantainya, pasirnya yang berwarna putih dan bersih seperti: pantai sebanjar, lingal, pante daere,pantai magrof.
Kabupaten alor memiliki banyak sekali keunikan, kami disana pada masing masing kecamatan memiliki bahasa daerahnya masing-masing,namun bahasa indonesia selalu menjadi bahasa persatuan antara kami. tidak hanya itu,setiap masing-masing kecamatan memiliki motif kain tradisionalnya sendiri, di kbupaten alor memiliki 17 kecamatan dan 169 kelurahan.
kami memiliki makanan khas yakni jagung titi, jagung bose, kue rambut dan lain lain.


BUDAYA

di alor memiliki 5 suku diantaranya: baoraja, manglolong,uamsina, lekaduli dan makasar.

1. Baoraja : baoraja adalah suku tertua di alor dan bisa dibilang ketua dari suku yang lain. baoraja mengambil peran penting dalam acara adat. saat ada wisatawaa asing yang berkunjung ke daerah alor dan mengunjungi suku baoraja, harap berhati-hati dsaat melanggka kaki ke suku ini,karena saat ada yang terjatuh disana harap segerah melakukan doa karena jika tidak diyakini akan mengalami sakit.

2.Manglolong
   adalah suku selanjutnya dialor yang sangat unik suku ini adalah suku keturunan orang laut, jadi disini diyakini bahwa orang-orang yang keturunan suku manglolong mempunyai kembaran dilaut. jadi diceritakan dahulu saat mereka naik didarat untuk mngikuti sebuah pesta ada salah satu mereka menitipkan anaknya ke salah satu warga dari suku manglolong tapi dengan syarat tidak boleh membuka penutup kain yang digunakan bayi itu. tapi secara tidak disengaja, saat bayi itu menangis dia malah membukanya dan melihat seekor ikan dan dai langang membakarnya.  mereka pun gram dan kembali ke laut dan sampai sekarang saat ada acara adat pun mereka tidak naik ke darat sampai saat ini.

3. Lekaduli
  adalah suku yang kaya dan darmawan, bukan kya dalam hal harta.

4. Umasina
   Umasina(rumh sina) adalah salah satu suku yang dialor. suku ini adalah percampuran antara orang cina dan orang alor. jadi dahulu orang cina pertama kali mendarat dialor dan menetap disana dan menikah dengan orang alor.

5. Makasar
 adalah suku terakhir dialor. orang-orang yang ada disuku ini adalah orang asli makasar yang mentap.


TEMPAT WISATA

Dialor memiliki banyak sekali tempat wisata diantaranya: pantai sebanjar, pantai mali, pantai daere, pantai batu puti, pantai lingal, hutan mangrof, pantai pasir 3 warna tepatnya di baranusa, baranusa adalah salah satu pulau yang berada di kabupaten alor.

SOSIAL

Didaerah saya ini bisa dibilang daerah yang memiliki solidaritas tinggi diantara sesamanya,  di daerah saya mayoritasnya nasrani, meskipun begitu kami tetap hidup rukun dan damai. meskipun sering diterpa konflik keagamaan, daerah saya tidak terpengaruh., jika hari raya umat muslim maka yang menertipakan jalan menjaga parkiran adalah orang yang beragama nansrani begitupun sebalinya.
Jangan heran ataupun kaget saat datang ke daerah saya  alor dengan keramahaan orang-orangnya dan selalu hidup rukun.
 

Komentar

  1. Bagaimana keunikan dan keindahan alam di Kabupaten Alor, NTT, menciptakan daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung?
    Regard Telkom University

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KAMPUS UMM

DESKRIPSI DIRI